Halo semuanya selamat datang di Unity Tutorial. Pada Tutorial kali ini saya akan menjelaskan apa sih Inspector di Unity 3D.
Tab Inspector adalah semua component atau bagian yang ada pada setiap game object. Seperti yang ada di bawah ini.
Di atas ini adalah contoh component dari sebuah camera. Seperti yang kalian lihat di atas ada beberapa component atau bagian yang ada dalam camera. Component itu ada Transform, Camera, GUILayer, Flare Layer, Audio Listener.
Transform adalah posisi, rotasi, dan ukuran dari sebuah game object.
Camera adalah component yang hanya dimiliki oleh sebuah camera.
GUILayer dan Flare Layer adalah component yang hanya dimiliki oleh sebuah camera..
Audio Listener adalah component yang berguna untuk mendengar suara dari sebuah game object yang lain.
Kalian juga bisa menambahkan component dengan cara meng-klik "Add Component" dan pilih component yang kalian inginkan.
Ada beberapa jenis component yaitu Mesh, Effect, Physics. Physics 2D, Navigation, Audio, Rendering, Miscellaneous, New Script.
Mesh Component adalah component yang digunakan untuk menjadi model (Text, 3D).
Effects Component adalah component yang digunakan untuk effect.
Physics Component adalah component yang digunakan untuk collision dan rigidbody dalam bentuk 3D.
Physics 2D Component adalah component yang digunakan untuk collision dan rigidbody dalam bentuk 2D.
Navigation Component adalah component yang digunakan untuk Navigasi.
Audio Component adalah component yang digunakan untuk suara atau bunyi.
Rendering Component adalah component yang digunakan untuk render.
Miscellaneous Component adalah component yang bervariasi dan special.
New Script Component adalah component yang digunakan untuk membuat script baru untuk dipasang di gameobject.
Baiklah sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komentar dan saya akan menjawabnya. Terima kasih dan sampai jumpa.
Tab Inspector adalah semua component atau bagian yang ada pada setiap game object. Seperti yang ada di bawah ini.
Di atas ini adalah contoh component dari sebuah camera. Seperti yang kalian lihat di atas ada beberapa component atau bagian yang ada dalam camera. Component itu ada Transform, Camera, GUILayer, Flare Layer, Audio Listener.
Transform adalah posisi, rotasi, dan ukuran dari sebuah game object.
Camera adalah component yang hanya dimiliki oleh sebuah camera.
GUILayer dan Flare Layer adalah component yang hanya dimiliki oleh sebuah camera..
Audio Listener adalah component yang berguna untuk mendengar suara dari sebuah game object yang lain.
Kalian juga bisa menambahkan component dengan cara meng-klik "Add Component" dan pilih component yang kalian inginkan.
Ada beberapa jenis component yaitu Mesh, Effect, Physics. Physics 2D, Navigation, Audio, Rendering, Miscellaneous, New Script.
Mesh Component adalah component yang digunakan untuk menjadi model (Text, 3D).
Effects Component adalah component yang digunakan untuk effect.
Physics Component adalah component yang digunakan untuk collision dan rigidbody dalam bentuk 3D.
Physics 2D Component adalah component yang digunakan untuk collision dan rigidbody dalam bentuk 2D.
Navigation Component adalah component yang digunakan untuk Navigasi.
Audio Component adalah component yang digunakan untuk suara atau bunyi.
Rendering Component adalah component yang digunakan untuk render.
Miscellaneous Component adalah component yang bervariasi dan special.
New Script Component adalah component yang digunakan untuk membuat script baru untuk dipasang di gameobject.
Baiklah sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komentar dan saya akan menjawabnya. Terima kasih dan sampai jumpa.
ConversionConversion EmoticonEmoticon